Minggu, 19 Juli 2009

Galeri yang Terlupakan...

Inilah salah satu identitas kota kudus sebagai kota kretek yang seharusnya patut kita banggakan.


Musium Kretek yang terletak di Ds. Getas Pejaten No. 155, kecamatan Jati, Kabupaten Kudus merupakan salah satu identitas kota Kudus sebagai Cigarette City (hohoho...Kota Kretek maksudnya...he3x). Seperti yang telah kita ketahui bersama musium ini berisi segala macam pernak – pernik yang dipake untuk buat rokok pada jaman dolo sampe bermacem – macem jenis rokok dari jamannya Rajanya Rokok Ki Notosemito sampe rokok – rokok zaman sekarang. Di sini juga ada diorama (miniatur) proses pembuatan rokok pada zaman dolo, alat – alat yang digunain buat promosi pada zaman dolo, foto – foto dokumentasi perjalanan sejarah rokok – rokok di Kota Kretek ini juga ada.

(Ki Noto Semito, Raja Kretek Kudus)

(Benda2 promosi masa lalu)


(cara promosi masa lalu)

Musium ini juga sering digunain buat observasi dan penelitian (biasanya anak2 SMA yang lagi dikasih tugas Sejarah). Di musium ini juga ada fasilitasnya juga lho, contohnya ada wartel, warung – warung yang siap memanjakan lidah kita dengan masakan – masakan khas kota ini n yang paling penting....Toilet.

Jadi, pokoknya lengkap deh kalo kalian pengen observasi, mengetahui lebih jauh lagi tentang sejarah pekembangan industri rokok yang telah melambungkan kota ini, ataupun cuma sekadar jalan – jalan karena ada tamannya juga.

Tapi sayang keadaan musium ini sekarang kurang mendapat perhatian serius dari pemkab kudus. Bisa dilihat dari keadaan benda – benda yang punya nilai sejarah tinggi itu banyak dihiasi oleh debu – debu kotor. Oleh karena itulah musium ini menjadi seperti “galeri yang terlupakan...”.

1 komentar:

  1. artikel yang menarik

    lumayan bisa buat tambahan referensi tugas sejarah saya

    makasih ^^

    BalasHapus